Iis Ristiani

Dr. Hj. Iis Ristiani, S.Pd, M.Pd.

NIDN : 00-2310-6901

NIP : 196910231994032002

NIK : 20060023106901

Jenis Kelamin : Perempuan

Jabatan : Lektor Kepala

Status Dosen : Tetap

Fakultas : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Prodi : Prodi. Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Tanggal Masuk : 01 March 1994




 MS. Word Document

Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Peserta didik melalui Media Blog

Berbicara masalah pendekatan pembelajaran adalah berbicara tentang bagaimana seorang pendidik menciptakan sebuah kondisi belajar peserta didik. Penciptaan kondisi belajar dimaknai sebagai sebuah usaha bagaimana peserta didik belajar. Hal ini secara langsung dan sekaligus menyentuh mengenai bagaimana pula pendidik mengajar. Tentang penciptaan kondisi belajar peserta didik dan langkah pendidik mengajar, ada banyak pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan. Di antaranya, Kurikulum 2013 banyak membicarakan masalah pendekatan scientifik di dalam pembelajaran. Termasuk di dalamnya adalah pendekatan berbasis proyek, pendekatan berbasis masalah, dan pendekatan discovery. Sekalipun Kurikulum 2013 sudah tidak digunakan oleh sebagian sekolah, tetapi penggunaan pendekatan scientific di dalam pembelajaran, tentu saja merupakan sebuah pendekatan yang dapat digunakan sepanjang masa, tidak hanya terbatas pada saat digunakannnya Kurikulum 2013. Ha ini karena, melalui pendekatan scientifik ini, para peserta didik dituntut untuk belajar secara ilmiah, belajar untuk berpikir, dan beroleh pengetahuan dengan proses dan langkah yang ilmiah pula. Tidak hanya sekedar menerima ilmu, tapi berusaha beroleh ilmu melalui proses proses pencarian dengan kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring (Kemdikbud, PPT-2.1). Berkenaan dengan itu, satu pendekatan yang akan dibicarakan di dalam tulisan ini adalah pendekatan berbasis masalah. Pendekatan tersebut digunakan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Satu hal yang akan dikembangkan adalah pada peningkatan kreativitas menulis peserta didik. Tentu banyak cara yang dapat digunakan oleh para pembelajar dan juga para pendidik di dalam meningkatkan kreativitas menulis ini. Akan tetapi, tulisan ini akan difokuskan pada bagaimana kreativitas menulis tersebut dilakukan melalui pemanfaatan blog. Blog sebagai sebuah media berbasis teknologi informasi merupakan aplikasi web yang bisa memuat tulisan, gambar maupun video. Hal ini sangat berpeluang untuk mendorong dan melatih para pembelajar di dalam meningkatkan kreativitas menulis. Apalagi, dewasa ini khususnya para calon sarjana dituntut untuk mampu menulis dan menyampaikan karya ilmiahnya secara online. Untuk itulah tulisan ini menyajikan penerapan pendekatan pembelajaran dalam peningkatan kreativitas menulis melalui blogging.

Katagori : Data Dosen


Nama File : 1601252963Penerapan_Pembelajaran_Berbasis_Masalah....docx

Ukuran File : -


Pendidikan

  • IKIP Bandung

    Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  • UPI Bandung

    Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Jabatan Fungsional

  • Lektor Kepala 670

    Nomor SK : 27748/A4.3/KP/2011

Pengalaman

Data tidak ditemukan!