Iis Ristiani

Dr. Hj. Iis Ristiani, S.Pd, M.Pd.

NIDN : 00-2310-6901

NIP : 196910231994032002

NIK : 20060023106901

Jenis Kelamin : Perempuan

Jabatan : Lektor Kepala

Status Dosen : Tetap

Fakultas : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Prodi : Prodi. Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Tanggal Masuk : 01 March 1994




 PDF Document

BEBERAPA MODEL PEMBELAJARAN SASTRA SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KARAKTER SISWA

Seorang pendidik adalah ia yang berperan tidak hanya sebagai pengajar atau pentransfer ilmu pengetahuan, akan tetapi lebih daripada itu, ia berperan sebagai pembina, penumbuh kembang karakter positif yang ada pada siswa. Ibarat seorang dalang, maka seorang pendidik harus mampu mamainkan peran para pelaku pada situasi yang sesuai konteksnya. Pelaku pembelajar itulah yang kita namakan siswa. Dalam hal itu, seorang pendidik harus mempunyai daya kreativitas yang tinggi di dalam menciptakan pembelajaran yang menarik, penuh aktivitas, dan juga kreativitas para siswa sehingga muncul atau bangkit potensi yang ada para mereka. Potensi yang ada pada mereka menjadi sebuah ladang yang harus dijaga, dipupuk, dan dipelihara, agar senantiasa tumbuh dan berkembang dengan baik. Di sanalah pembinaan dan pengembangan karakter diperlukan. Untuk itu, seorang pendidik khususnya pendidik bahasa dan sastra Indonesia dituntut untuk memahami dan menguasai sejumlah model pembelajaran yang diperlukan bagi pengembangan karakter siswa tersebut. Banyak istilah yang sering ada kaitannya dengan model tersebut, yakni istilah pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran. Pada tulisan ini penulis akan menggunakan istilah model yang bisa digunakan oleh seorang pendidik (guru) di dalam pembelajaran sastra dengan segala perangkat modelnya. Model-model ini merupakan hasil kajian teoretis dari beberapa sumber yang kemudian dipraktikkan oleh para mahasiswa pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di dalam praktik pembelajaran sastra di sekolah-sekolah. Ada sejumlah rumpun model yang dapat dikembangkan oleh para guru, meliputi rumpun model informasi, rumpun model sosial, rumpun model perilaku, rumpu model personal, dan model-model lainnya (Joyce & Weil, 2000). Hasil kajian teoretis dan praktik pembelajarannya akan diuraikan pada tulisan ini. Semoga bermanfaat untuk semuanya.

Katagori : Data Dosen


Nama File : 983054368CONNECTS_2017-Conference_on_Language_Teaching_of_Suryakancana.pdf

Ukuran File : -


Pendidikan

  • IKIP Bandung

    Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  • UPI Bandung

    Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Jabatan Fungsional

  • Lektor Kepala 670

    Nomor SK : 27748/A4.3/KP/2011

Pengalaman

Data tidak ditemukan!